Taskertas.ID

Jenis-jenis Motif Batik yang ada di Jogja

Bisnis Batik
Jenis-jenis Motif Batik yang ada di Jogja

Cinta banget sama batik?? Kalau ke jogja wajib banget nih borong kain batik, pakaian, baju dan lainnya untuk sekedar oleh-oleh atau koleksi pribadi. Motif batik khas jogja sangat beragam, jadi nggak akan kehabisan pilihan. Selain motifnya bervariasi, batik khas Yogyakartas juga memiliki makna filosofis loh. Langsung aja yuk simak, motif-motifnya apa aja sih:

  • Motif Tambal

Punya keunikan tersendiri dibandingkan dengan motif batik khas yogyakarta yang lainnya. Nama tambal ini memiliki arti menambah semangat baru atau memperbaiki hal-hal yang rusak. Kemudian, untuk motif-motifnya adalah kombinasi anatara parang, meru, grompol dan lain-lain. Konon katanya, memiliki filosofi atau dipercaya bisa menyembuhakan orang yang sedang sakit.  

Motif Batik

  • Motif Batik Parang 

Elegan dan penuh arti, mungkin itu hal yang terbesit dalam pikiran ketika melihat motif batik satu ini. Batik parang ini adalah salah satu dari sekian banyak yang paling tua dan memiliki maknya yang mendalam loh. Memiliki filososi berupa petuah bagi manusaia agar pantang menyerah dengan apapun yang terjadi dalam kehidupan, kurang lebih intinya seperti itu. Kemudian, pola yang berkesinambungan nya memiliki arti konsistensi manusia untuk memperbaiki diri dari waktu ke waktu, tidak mudah menyerah untuk mencapai kesejahteraan. Tak hanya itu, juga menggambarkan bagaimana manusia memperbaiki hubungannya dengan Tuhan, alam dan sesamanya serta pertalian keluarga.

  • Motif Cuwiri

Biasanya, motif batik satu ini digunakan ketika acara mitoni atau tradisi memperingati kehamilan berusia 7 bulan, digunakan sebagai kemben. Lalu, buat Filosofi dari cuwiri ini adalah orang yang memakainya diharapkan bisa dihormati masyarakat, harmonis dan terlihat wangun (pantas).

  • Wahyu Tumurun

Tahu nggak sih, motif batik ini sudah dikenal sejak tahun 1480 di wilayah Yogyakarta. Setelah itu, motif ini menyebar ke daerah lainnya, sehingga makin bervariasi. Arti dari wahyu ini adalah anugerah, kemudian tumurun memiliki makna turun. Filosofinya menggambarkan pengharapan agar yang memakainya mendapat petunjuk, berkah, rahmat, dan anugerah yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Masih ada banyak motif batik yang ada di jogja, tertarik memborongnya bestie?? Kunjungi aja pasar beringharjo atau sentra-sentra batik yang ada disekitar jogja. Nah, kalau buat order atau cari-cari tas kertas, kepoin aja taskertas.id, melalui nomor: 0811-2648-980

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need Help? Chat with us